Anda Ingin Punya Web Site Sendiri?

Attention: open in a new window. Print

Apa Saja yang Diperlukan

Untuk memudahkan mari kita umpamakan memiliki web site dengan memiliki sebuah toko. Agar dapat dinamakan sebuah toko, sedikitnya mempunyai hal-hal berikut ini:

  1. Nama, Misalnya Toko "Maju"
  2. Sebuah Gedung untuk menyimpan isi dari toko tersebut, terletak di kota x, jalan y
  3. Isi berupa barang dagangan, perabotan, karyawan dan sebagainya

Demikian juga sebuah web site harus mempunyai hal-hal berikut:

  1. Domain, misalnya domain web site ini : www.gemar-elektronika.com
  2. Mempunyai server (berupa komputer) untuk menyimpan halaman web, misalnya server web site ini terletak di Jakarta, Indonesia.
  3. Halaman web yang nantinya akan dilihat oleh pengunjung.

Nama toko dapat diibaratkan dengan Domain, Gedung bersesuaian dengan server dan barang yang dijual diumpamakan halaman web.

Manfaatkan penyelenggara web-blog gratis!

Andai saja, ada seseorang yang menawarkan sebagian tempat pada tokonya untuk anda manfaatkan....Tambahan lagi, orang tersebut tidak minta uang sewa. Ini adalah kesempatan yang tidak boleh disia-siakan. Anda tinggal menyediakan barang untuk dijual.

Dalam dunia nyata kesempatan tadi hampir mustahil kita peroleh. Tapi di dunia internet kesempatan seperti ini bukan isapan jempol. Penyedia web-blog gratis menawarkan kesempatan yang sangat menarik. Anda boleh mengisi dengan bebas halaman blog anda. Blog anda akan dilihat oleh orang di seluruh dunia. Anda tak perlu memikirkan, harus punya domain sendiri, harus punya server. Yang anda harus pikirkan adalah "barang dagangan" berupa isi dari blog anda.

Penyelenggara blog gratis yang terkenal  misalnya www.blogspot.com, www.wordpress.com, www.multiply.com dan lain sebagainya. Domain anda akan menginduk ke penyelengara domain. Misalnya bila anda menggunakan www.blogspot.com, maka domain anda menjadi www.namasaya.blogspot.com

Sebagai rujukan cobalah kunjungi www.rinaldimunir.wordpress.com. Ini adalah blog yang ditulis oleh seorang dosen ITB Rinaldi Munir menggunakan jasa www.wordpress.com

Saya tidak puas dengan blog, apa yang dapat dilakukan?

Boleh dibilang umumnya blog mempunyai fitur yang sangat bagus. Sekalipun demikian web site dalam bentuk blog belum tentu cocok untuk semua keperluan, misalnya ingin membuat web site untuk toko on line, forum diskusi, biro jodoh dan lain sebagainya.

Nah, bila anda termasuk golongan seperti ini maka anda dihadapkan dua kemungkinan:

  1. Anda Perlu membangun web site sendiri
  2. Anda dapat menggunakan CMS

Bilamanakah kita perlu membangun web site sendiri? Ini berlaku untuk web site yang nyeleneh, tidak umum bin aneh. Tapi kalau anda punya ide cemerlang untuk diwujukan mengapa tidak? Siapa tahu web site ini dapat menghasilkan uang untuk anda. Katakanlah buat web site untuk try out ujian nasional untuk anak-anak sekolah secara online. Bisa mengevaluasi kesiapan anak-anak menghadapi ujian. Bisa mengajari anak-anak pelajaran yang belum dikuasai. Pastinya web site seperti ini akan berguna untuk jutaan anak. Untuk memiliki web site yang aneh seperti ini, anda perlu mengembangkan sendiri. Atau anda dapat membayar perusahan pengembang web (web developer). Tapi jangan kaget kalau web site anda dihargai jutaan, puluhan juta bahkan ratusan juta rupiah. Memang membangun web site perlu biaya yang mahal.

Tapi kalau anda cuma ingin punya web site yang umum seperti toko-on-line, forum diskusi dan lain-lain. Anda tidak perlu mengembangkan dari nol cukup menggunakan program CMS (Content Management System) yang bisa diperoleh secara gratis! Ya gratis, anda tidak salah membaca. Tapi bukankah mengembangkan web site itu perlu biaya mahal? Ya memang benar demikian, para pengembang mendapatkan biaya dari para donatur, kemudian membagikannya secara gratis kepada anda dan saya. Menyenangkan bukan? Anda boleh menggunakan CMS gratisan diantaranya yang terkenal canggih : Joomla, Wordpress, Drupal dan lain-lain. Ada juga CMS yang relatif sederhana seperi WOLF CMS, CMS Made Simple dan sebagainya. Contohnya web site yang anda baca sekarang ini menggunakan Joomla! Bila anda merasa CMS sangat bermanfaat bagi anda, anda boleh juga menjadi donatur kok! Bahkan memberi donasi $5 saja sudah membantu mereka!

CMS bisa di down load di web site yang bersangkutan. Atau biasanya web hosting sudah menyediakan beberapa CMS, jadi tinggal kita pilih mana yang paling sesuai.

Perlu anda ketahui agar halaman web site itu dapat berjalan dengan baik perlu ada script (semacam program komputer). Penulisan script inilah yang harus dikerjakan dengan sangat teliti. Hal tersebut memakan waktu dan tenaga. Inilah yang menyebabkan mengembangkan web site perlu biaya yang mahal.

Mendaftarkan domain anda

Agar nama domain anda dapat dikenali oleh orang di seluruh dunia, domain anda harus didaftarkan terlebih dahulu. Perusahaan yang memberi jasa mendaftarkan nama domain disebut Domain Registar. Coba anda tanya om Google, perusahaan mana saja yang menjual jasa sebagai pendaftar nama domain. Anda akan dikenakan biaya sekitar Rp. 100-ribu-an/tahun.

Untuk anda ketahui, bisa lho nama domain diarahkan ke blog-gratisan milik kita. Cara ini cukup cerdas, dengan biaya yang tidak terlalu banyak anda sudah bisa mempunyai alamat web dengan nama sendiri walaupun sebenarnya halaman web anda "dititipkan" di server penyelengara web-blog gratisan. Sebagai rujukan cobalah kunjungi www.banyumurti.net. Ini sebenarnya adalah blog yang diselenggarakan oleh www.blogspot.com. Cobalah ketikan pada address bar browser internet anda www.banyumurti.blogspot.com, pastilah anda akan diarahkan ke laman web yang sama.

Ada juga, domain gratisan tapi saya tidak terlalu mengajurkan. Ini pengalaman pribadi banget: sebelum menggunakan domain www.gemar-elektronika.com saya menggunakan domain www.gemar-elektronika.co.cc Tiba-tiba saja  domain co.cc dibubarkan. Akibatnya web saya tidak bisa diakses. Sekalipun halaman web saya tidak kemana-mana, masih tersimpan dengan baik di server! Sekarang saya daftar dengan domain baru yang berbayar. Kapok deh pakai domain yang gratisan..

Memanfaatkan jasa web Hosting

Halaman web anda perlu disimpan di dalam server internet agar dapat dilihat oleh orang di seluruh dunia. Kalau anda pemilik perusahaan besar dan banyak uang, halaman web site anda disimpan didalam server (komputer) di rumah/di kantor anda. Tapi biaya koneksi internet untuk server kita tidaklah murah, jutaan rupiah tiap bulannya. Untungnya kita tidak perlu mempunyai server sendiri, ada perusahaan yang menyewakan server untuk kita. Harganya sekitar Rp. 200ribu/per tahun untuk kapasitas 200 Mega Byte. Tentu saja harganya semakin mahal untuk kapasitas yang semakin besar. Perusahaan yang menyewakan server internet disebut perusahaan Web Hosting.  Menggunakan jasa Web Hosting adalah cara yang paling umum digunakan pemilik web. Bila web site anda mempunyai nilai komersil yang tinggi, sebaiknya punya server sendiri. Bila tidak, jangan-jangan rahasia perusaahan anda "diintip" oleh pemilik web hosting yang nakal. Untuk anda ketahui raksasa intenet seperti Google, Facebook dan lainnya mempunyai gedung sendiri untuk menyimpan server internet mereka.

Dulu saya berfikir,  misalnya server kita ada di Jakarta, sedangkan saya tinggal Bandung, maka saya perlu pergi ke Jakarta untuk menyimpan halaman web saya di dalam server. Ternyata dugaan saya salah, maklum masih gagap teknologi. Ternyata dengan teknologi internet yang mencengangkan ini, sekalipun server saya ada nun jauh di Amerika serikat, kita cukup meng-upload (mengungah) halaman web kita dari rumah melalui komputer kita yang telah terkoneksi internet. Dan simsalabim..., copy dari halaman web kita pindah ke server nun jauh di  sana

Last but not least, bagi penggemar gratisan (seperti halnya saya) ada berita gembira, ternyata kita bisa mendapatkan web hosting gratisan! Tapi pertimbangkan baik-baik sebelum menggunakannya. Bisa saja pemiliknya menghapus halaman web kita dari servernya tanpa sebab yang jelas. Namanya juga gratisan. Tentu ini akan buat web site kita menghilang dari peredaran. Saran saya: Pastikan halaman web anda punya back-up dirumah. Jadi bila data kita tiba-tiba hilang, dapat segera dipulihkan.

Ayo Punya Web Site Sendiri

Saya bersedia membantu anda jika anda ingin memiliki web site sendiri dengan CMS yang sederhana tapi cukup bagus: WOLF CMS. Anda harus membayar saya Rp. 150 ribu saja. Anda akan mendapatkan:

  1. Install web-site menggunakan WOLF CMS, tersedia banyak theme yang boleh anda pilih sendiri.
  2. Kursus mengunakan WOLF CMS sebanyak 3 kali pertemuan (90 menit setiap pertemuan).

Sementara saya hanya menerima Client dari kota Bandung. Bila berminat silahkan hubungi saya melalui HP: 02291931328 Berikut ini contoh blog yang dibuat dengan WOLF CMS yang tampil dengan berbagai theme. Silahkan klik link dibawah untuk melihat WOLF CMS dengan berbagai theme

  1. CoolWater
  2. Flower
  3. Red
  4. Black

Domain Blog tersebut adalah www.ehcbandung.coolpage.biz. Meminjam istilah suporter sepakbola, ini adalah contoh web site yang dibangun ala bonek (bondo nekat, ngak pakai modal). Domainnya gratisan, hostingnya gratisan dan CMS nya pun gratisan! Maksudnya tak lain untuk percobaan dan rujukan bagi anda.

Sekian semoga bermanfaat.

Comments  

 
#5 Aura Kasih 2016-11-22 05:00
I like the helpful information you provide in your articles.
I'll bookmark your bloog and check again here frequently.
I'm quite sure I'll learn a lot of new stuff right here!
Beest of luck for the next!

Here is my homepage; Aura Kasih: http://bit.ly/20suc3k
Quote
 
 
#4 kasur keras 2015-12-02 02:57
It's awesome designed for me to have a web page, which is beneficial in favor of my
knowledge. thanks admin

Also visit my homepage ... kasur keras: http://goo.gl/QWUQic
Quote
 
 
#3 nama nama facebook 2015-11-07 17:52
Wonderful goods from you, man. I've consider your stuff prior to and you are just too magnificent.
I really like what you have got right here, really like
what you are saying and the best way by which you say it.
You are making it enjoyable and you still take care of to stay it wise.
I can not wait to read far more from you.
This is really a great site.
http://pilihbaik.blogspot.co.id
Quote
 
 
#2 Larue 2015-07-31 12:47
Again, research indicates that reduced energy expenditure TEE,
hormone levels, and slightly bend your head, and leave 70 carbs for snacks, beverages,
and only then, and do it. It is also readily available in the later period.
It is a real life problem that overweight is widely believed to be monitored so you can do
one for each of us do.
Quote
 
 
#1 Does Anabolic 2014-05-03 08:38
Great work! This is the kind of info that should be shared across
the internet. Shame on the search engines for no longer positioning this put up upper!

Come on over and consult with my site . Thanks =)
Quote
 

Add comment

Silahkan tulis komentar anda berupa: pertanyaan, saran, kritikan dan lain sebagainya.


Security code
Refresh